Tahun pelajaran 2015-2016 SMPN 3 Pleret menerima pendaftaran siswa baru, dengan ketentuan sebagai berikut.
1. Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB )dari Keluarga Miskin di Kabupaten Bantul / Sekolah Kelas Olahraga SMP Negeri 3 Pleret Tahun Pelajaran 2015/2016
A. Syarat Umum
1. Telah tamat dan lulus SD/MI/Program Paket A
2. Memiliki Ijazah /STTB dan SKHUN atau surat keterangan yang berpenghargaan sama.
3. Berusia setinggi-tingginya 18 (delapan belas) tahun pada tanggal 27 Juli 2015.
B. Syarat Khusus
1. Calon Peserta Didik Baru dari Keluarga Miskin
a. Memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Surat Keterangan Miskin dari Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan Desa (TPK Desa) yang diketahui oleh Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kecamatan (TKPK Kecamatan) dilegalisir oleh Camat
b. Memiliki Kartu Keluarga (KK)
2. Calon Peserta Didik Baru Sekolah Kelas Olahraga
Memiliki Sertifikat / Piagam Penghargaan di bidang Olahraga di tingkat kabupaten nasional atau internasional.
C. Syarat Pendaftaran
1. Calon Peserta Didik Baru dari Keluarga Miskin
Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan dan dilampiri:
a. Fotocopy STTB SD/MI yang telah disyahkan sebanyak 1 (satu)lembar.
b. Daftar Nilai SKHUN asli dan fotocopy
c. Pas photo hitam putih ukuran 3 X 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar.
d. Menyerahkan fotokopi kartu keluarga( C1 ) dilegalisir Camat.
e. Surat keterangan penambahan nilai prestasi bagi yang memiliki.
f. Fotocopy Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Surat Keterangan Miskin dari Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan Desa (TPK Desa) yang diketahui oleh Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kecamatan (TKPK Kecamatan) dilegalisir oleh Camat
g. Surat rekomendasi penghargaan prestasi dari Ka. Dinas Pendidikan Dasar Kab/Kodya bagi yang memiliki.
2. Calon Peserta Didik Baru Sekolah Kelas Olahraga
Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan dan dilampiri:
a. Fotocopy STTB SD/MI yang telah disyahkan sebanyak 1 (satu)lembar.
b. Daftar Nilai SKHUN asli dan foto copy
c. Pas photo hitam putih ukuran 3 X 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar.
d. Menyerahkan fotokopi kartu keluarga( C1 ).
e. Menyerahkan fotokopi sertifikat/piagam penghargaan yang telah disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten / Kotamadya
f. Menyerahkan Surat Rekomendasi penghargaan prestasi dari Kepala Dinas Pendidikan Dasar/Kodya
3. Semua syarat dimasukkan dalam stopmap dengan tanda hijau (putra), merah (putri) serta kuning (calon dari luar Kabupaten Bantul).
D. Waktu dan tempat Pendaftaran
Hari/ Tanggal : Selasa, Rabu, dan Kamis / 30 Juni, 1 dan 2 Juli 2015
Pukul : 08.00 s.d. 13.00 WIB
Tempat : SMP Negeri 3 Pleret
E. Daya Tampung Peserta Didik Baru di SMP Negeri 3 Pleret
1. Daya tampung dari Keluarga Miskin sebanyak 10% (10 Peserta Didik) dari daya tampung108 Peserta Didik
2. Daya tampung Sekolah Kelas Olahraga maksimal 20 peserta didik.
F. Pengumuman Hasil Seleksi
Pengumuman hasil seleksi hari Jumat, 3 Juli 2015 pukul 09.00 WIB
G. Pendaftaran Kembali
Hari/Tanggal : Jumat, 3 Juli 2015
Pukul : 09.30 s.d 11.00 WIB
H. Syarat Pendaftaran Kembali
1. Menyerahkan Kartu Nomor Pendaftaran.
2. Mengisi dan menyerahkan Surat Penyataan Orang Tua yang ditandatanggani orang tua atau wali Peserta Didik bermaterai Rp. 6000.
3. Mengisi dan menyerahkan Surat Penyataan Peserta Didik yang ditandatanggani Peserta Didik dan orangtua atau wali Peserta Didik bermaterai Rp. 6000.
4. Menyerahkan Akte Perwalian dan Kartu Keluarga ( CI ) bagi calon Peserta Didik yang berasal dari luar Propinsi DIY yang tidak mengikuti orang tua.
2. Penerimaan Peserta Didik Baru Reguler
PPDB reguler akan dilaksanakan secara online dengan cara membuka www.bantulkab.siap-ppdb.com. hasil print out diserahkan ke sekolah pada tanggal 6,7,8.
Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi di SMPN3 Pleret. Phone (0274)441447